Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Unpad: Kenali dan Kritisi

Poster Judul Ketua Ika Unpad

Telah tiba waktunya untuk pemilihan kembali Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran. Setelah periode kepengurusan 2012-2016 berakhir, Ika Unpad kembali membuka penjaringan calon Ketua Ika Unpad periode 2016-2020. Pemilihan ini merupakan salah satu rangkaian acara yang termasuk di dalamnya musyawarah besar (mubes) dan reuni akbar. Pemilihan ini nantinya akan diadakan di Bale Sawala Kampus Unpad Jatinangor pada 17 April 2016.

Untuk periode 2016-2020 ini, tahapan kegiatan pemilihan dimulai pada 16 Januari 2016. Ketua Panitia Mubes dan Reuni Akbar Ika Unpad Budi Cahyana mengatakan bahwa peluncuran tahapan itu sekaligus pembukaan pengambilan formulir pendaftaran bagi para bakal calon.

Formulir dapat diambil hingga 6 Februari 2016 dan batas pengembaliannya pada 20 Februari 2016. Setelah itu barulah proses pemilihan akan dilanjutkan ke tahap yang berikutnya. Tahapan berikutnya adalah penetapan calon ketua umum pada 25 Februari 2016 yang dilanjutkan dengan penentuan nomor urut pada 27 Februari 2016.

Persyaratan calon ketua adalah lulusan sarjana Unpad yang berdomisili di Indonesia. Calon harus direkomendasikan sedikitnya oleh satu komisariat fakultas, daerah, atau wilayah. Dalam berkas pendaftaran, harus dilampirkan tim suksesnya juga dengan jumlah minimal lima orang yang bukan Panitia Musyawarah Besar dan Reuni Akbar Ika Unpad 2016. Selain itu, pendaftar juga harus melampirkan juga visi, misi, dan program unggulan dalam bentuk soft copy (tayangan video berdurasi maksimal lima menit) dan hard copy (tercetak dalam kertas).

Dari empat formulir yang dikembalikan, hanya tiga yang berhasil melalui proses verifikasi. Tiga calon tersebut adalah Hikmat Kurnia (Nomor urut 1/FIB/1986), Ahmad Doli Kurni (Nomor urut 2/FMIPA/1991), dan Yuddy Chrisnandi (Nomor urut 3/FEB/1986). Para calon ketua diberikan waktu untuk sosialisasi dan kampanye pada 1 Maret hingga 16 April 2016. Di antara masa kampanye, tepatnya pada 9 April 2016, akan diadakan dialog publik.

IKA Unpad sendiri memiliki 20 Komisariat Fakultas dan 11 Komisariat daerah dengan lebih dari 180 ribu alumni. Namun dalam perjalanannya, IKA Unpad masih harus terus diperbaiki, apalagi sampai saat ini keberadaannya masih belum terasa khususnya untuk mahasiswa Unpad. Maka dari itu, pemilihan IKA Unpad kali ini menjadi momentum yang pas untuk kembali ‘membangunkan’ IKA Unpad dari ‘tidur’-nya untuk IKA Unpad dan Unpad yang lebih baik.

.

.

.


Sumber:

 

Info Kastrat
Departemen Kajian Strategis
BEM Kema FMIPA Unpad Kabinet SERU 2016
Lantangkan ide-ide berbahayamu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s