Studi Banding (Faperta)

Studi Banding FMIPA x Faperta

Studi Banding Fakultas merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Hubungan Eksternal (Hubeks) yang dihadiri oleh seluruh anggota BEM Kema FMIPA Unpad Kabinet Seru 2016. Pada kesempatan ini, Kastrat BEM Kema FMIPA Unpad mendapat kesempatan mengobrol dengan Kastrat BEM KMFP Unpad.

Job Desciption

Secara umum, job description antara Kastrat BEM Kema FMIPA dengan Kastrat BEM KMFP tidak berbeda jauh, yaitu membentuk sebuah forum diskusi.

Program Kerja

Program kerja yang dimiliki Kastrat BEM KMFP ada dua, yaitu:

  • Explore Manglayang
    Mengkaji apa-apa saja yang ada di jalur-jalur sekitar Manglayang. Kastrat di sini berperan sebagai wadah bagi para Hima untuk mengkaji bidangnya masing-masing. Contoh, Ilmu Tanah mengkaji tanah yang ada di Manglayang. Program kerja ini diharapkan dapat menjalin kedekatan yang lebih erat antar Hima.
  • Agriculture Scientific Fair (ASF)

Antusiasme Massa

Berdasarkan evaluasi tahun lalu, diskusi yang dilaksanakan di FMIPA masih cenderung sepi. Rupanya, antusiasme di Faperta juga kurang. Alasan inilah yang membuat Kastrat BEM KMFP membuat kajian mengenai film / bedah film, supaya acaranya lebih menarik dan lebih mengundang banyak massa.

Sinergisitas dengan BEM Univ

Berbeda dengan FMIPA, Faperta belum bersinergi dengan BEM Univ. Jadi, secara horizontal, program kerja yang dilaksanakan langsung diterjunkan ke masyarakat (contohnya seperti Explore Manglayang). Untuk vertikal sendiri, ke pemerintah.

Explore Manglayang

Rupanya program kerja Faperta ini melibatkan para dosen, berbeda dengan FMIPA yang dosennya tidak ikut serta. Bagi para dosen, pengabdian jenis itu adalah pengabdian yang khusus untuk mahasiswa. Akan tetapi, Faperta sendiri bilang bahwa dosen lebih berperan dalam struktur; untuk pembuatan jurnal.

Sinergisitas dengan Hima

Hima Faperta sering diundang oleh Kastrat BEM KMFP untuk mengadakan kajian bersama, tidak berbeda jauh dengan apa yang dilakukan Kastrat BEM FMIPA.

Isu TPB

Kastrat Faperta sendiri terlambat mendapatkan informasi terkait TPB ini. Mereka awalnya hendak mencari data fix dulu sebelum mengkaji. Sayangnya, tepat satu hari sebelum dilaksanakannya studi banding, SK TPB tersebut telah dikeluarkan.

Untuk sikap sendiri, Faperta memang agak terlambat. Akan tetapi, banyak juga fakultas yang belum tahu perihal masalah ini. TPB itu sendiri lebih berpengaruh ke arah pola pembinaan (polbin). TPB juga secara tidak langsung membuat mahasiswa malas berlama-lama di kampus; hanya 9 SKS per semester!

Kesibukan Saat Ini

Kastrat BEM KMFP saat ini sedang banyak membahas kebijakan-kebijakan terbaru dari rektor serta isu-isu pertanian.

Diskusi Rutin

Sudah direncanakan oleh Kastrat BEM KMFP, tetapi belum terlaksana sebab saat ini masih fokus terhadap program kerja. Rencananya, diskusi rutin akan dilaksanakan satu kali dalam satu bulan.

Diskusi Online

Sampai saat ini, Faperta belum memiliki wadah diskusi online. Berbeda dengan FMIPA yang punya grup LINE “Bukan Bincang Biasa” (biasa disingkat BBB).

Antusiasme Online dan Offline

Bicara mengenai antusiasme di dunia maya maupun dunia nyata, sebenarnya secara umum sama, hanya saja sering terjadi perbedaan pendapat di kedua dunia tersebut.

Earth Day

Untuk memperingati Earth Day, BEM KMFP hanya menginformasikan perihal hari tersebut kepada warganya.

 

Dekanat

Membahas dekanat terkait dengan kepengurusannya yang baru, FMIPA dan Faperta saling curcol mengenai birokrasi dekanat masing-masing. FMIPA sendiri merasa dekanatnya masih cenderung tertutup. Bagi Faperta, dekanat mereka secara birokrasi aman, tetapi sama saja, masih tertutup.

KKL? UKT? KKN?

Banyak yang dirasa janggal pada hal-hal ini, terutama terkait pembayarannya. UKT paket (yang jumlahnya cukup besar) sebenarnya sudah mencukupi, lalu kenapa masih harus melakukan pembayaran di sana sini? Seperti KKN yang harus bayar lagi dan sebagainya.

Dua tahun lalu, Faperta nyaris dibekukan akibat pertanyaan ini.

Press Release

Faperta membagi hasil kajiannya menjadi dua jenis;

  • Hasil kajian umum seperti isu nasional dan internasional yang disebarluaskan melalui GENERA (Pers-nya Faperta)
  • Hasil kebijakan kampus yang disebarluaskan melalui RIMK

Fungsi BEM Faperta Saat Ini

Saat ini, menurut Kastrat BEM KMFP, BEM hanya berfungsi sebagai wadah bagi warganya sebab yang bertugas mengkaji adalah Hima, lalu yang bertugas mendokumentasi adalah GENERA, dan sebagainya.

Pemilu BEM Faperta

Pemilu lalu dirasanya baik, terlalu baik dan aman bahkan sampai politik kampusnya tidak terasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s